Beranda » Islam » Dan Bumi yang Memiliki Retak….

Dan Bumi yang Memiliki Retak….

Oleh Khairul Amri H

1 1

 

 

 

Ketika kita memperhatikan Planet kita dari luar, terlihat bola biru yang tengah terapung tenang di alam semesta yang luas ini. Tapi tatkala kita masuk ke bagian dalam Bumi kita akan menemukan retakan, celah, getaran serta reaksi Kimia. Bahkan kita akan terheran dengan kepadatan panas yang terdapat di dalamnya.

Dahulu dikatakan bahwa gempa hanya terbatas pada bagian-bagian tertentu pada Bumi, tapi setelah tersedianya Alat cangih dalam  pengukuran, riset membuktikan bahwa semua bagian Bumi terpengaruh dari retakan dan guncangan yang dihasilkan oleh gempa. Terkadang bila gempa terjadi kita tidak merasakannya kecuali jika kekuatan guncangnya tergolong Besar.

Maka dari itu Ilmuwan berkesimpulan bahwa retak pada Bumi akan terus-menerus bertambah seiring terjadinya gempa.seperti yang disampaikan dalam al-Quran:

وَالْأَرْضِ ذَاتِ الصَّدْعِ

“dan bumi yang mempunyai Retakan” (Ath-Thaariq: 12)

Dalam Ayat ini Allah Swt Bersumpah dengan ciptaan-Nya yaitu Bumi beserta dengan Fenomena geologinya yang menakjubkan yaitu Retakan Bumi, الصدع (Retakan) dalam bahasa Arab Bisa berarti Pecahan. Dan jika benar Bumi memiliki Retakan maka dimanakan Letak Retakan Itu ?

 

1 1Gambar Lava yang mengalair keluar dari celah retakan Bumi kemudian mengeras lalu membatu. 

Sejak memasuki Awal Abad ke-20 Ilmuwan mulai menyadari bahwa bahwa kerak Bumi beserta dengan Lapisannya ibarat bagian yang terdiri dari Ruas-ruas membentang ribuan kilometer yang membagi pelanet ini. Mereka memberikan gambaran Peta yang menjelaskan  Keadaan Ruas retakan  Bumi atau celah jaringan yang membentang.

Dan pada Akhirnya mereka pun menemukan retakan yang besar terbentang sepanjang lebih dari 40 ribu kilometer dan mereka menamainya `Pacific Ring of Fire`. Lingkaran ini ditemukan di dasar Samudera Pasifik dan memanjang di sepanjang pantai barat Amerika melalui Alaska dan Jepang, Filipina, Indonesia dan Kepulauan Pasifik Barat dan Selandia Baru.

Sesungguhnya reaksi  guncangan (Gempa) pada Lingkaran ini menyebabkan Ruas-Ruas pada Bumi saling bertabrakan, para ilmuan juga menjelaskan bahwa 90 persen gempa yang terjadi di Bumi terkonsentrasi pada Lingkaran Ini (menurut US Geological Agency USGS).

 

1 1Gambar Pacific Ring of Fire yang berada di dasar Samudera.

Lingkaran Panjang Ini merupakan Retakan Terpanjang di Dunia dan merupakan salah satu daerah yang paling berbayaha dan para Ilmuwan menggangapnya sebagai salah satu Fenomena Alam yang Aneh nan Unik.

Tetapi timbul pertanyaan Kenapa Fakta Geologi ini disebutkan Dalam Al-Quran ?

Jawabannya Adalah Karena Allah Swt ingin memperlihatakan fenomena geologi yang  penting ini kepada para Ateis dan pengingkar kebenaran agama Islam,  Agar mereka mengakui bahwa sebelumnya di Alam semesta ini yang penuh dengan rahasia tersembunyi tidak Ada seorang pun yang tahu tentang fenomena Retakan tersebut, hingga diturunkannya Al-Quran yang menyebutkan fakta Ilmiah tersebut  dalam ayat:

وَالْأَرْضِ ذَاتِ الصَّدْعِ * إِنَّهُ لَقَوْلٌ فَصْل

“Dan Bumi yang memiliki retak” * “sesungguhnya Al Quran itu benar-benar firman yang memisahkan antara yang hak dan yang bathil ”  [الطارق: 12-13]

Ketika Mereka telah mengetahui hal tersebut maka semestinya mereka harus sadari bahwa Al-Quran bukanlah buatan Manusia melainkan Perkataan yang sangat jelas dan Terperinci dari Sang Maha Pencipta lagi Maha Mengetahui rahasia langit dan bumi.

Terjemah dari Situs:

الهـزات الأرضيـة والصدوع

http://www.kaheel7.com/ar/index.php/2010-02-02-20-10-20/279-2010-09-25-15-38-34

  1. 1.     Walker, J.C. History of the Earth (Jones and Bartlett, 1985)
  2. 2.     Butterfield, Moira. The Earth (Kingfisher, 1992).
  3. 3.     Bramwell, Martyn. The Simon and Schuster Young Reader’s Book of Planet Earth (Simon and Schuster, 1992).
  4. 4.     Inside the Earth, http://www.usgs.gov

http://www.nps.gov/history/history/online_books/hawaii-notes/vol4-2-7e.htm

 

والأرض ذات الصدع: رؤية جديدة

http://www.kaheel7.com/modules.php?name=News&file=article&sid=595

1- Earthquake Facts and Statistics, http://www.usgs.gov, 01 October 2007.

2- Earthquake, http://www.wikipedia.org.

3- Pacific Ring of Fire, http://www.wikipedia.org.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s