Beranda » Uncategorized » KEPEMIMPINAN DALAM ISLAM

KEPEMIMPINAN DALAM ISLAM

Adz-dzikro

Nur FadhilahOleh: Nur Fadhillah

Di dalam kehidupan bermasyarakat, pemimpin adalah sosok paling penting dan sangat diperlukan. Ia menempati posisi paling tinggi dalam bangunan masyarakat. Ia juga memiliki peran yang sangat strategis dalam pengaturan pola dan pergerakan.

Dalam suatu pemerintahan, pemimpin sangatlah berpengaruh terhadap perjalanan ummatnya. Apabila seorang pemimpin itu memiliki tubuh yang prima, energik, sikap yang produktif dan cakap dalam pengembangan dan pembangkitan daya juang pergerakan, maka akan dipastikan perjalanan ummatnya akan mencapai satu titik keberhasilan. Namun sebaliknya, apabila seorang pemimpin itu lemah, baik itu dalam hal keilmuan, manajerial ataupun dalam hal pemahaman nilai tanggung jawab, serta lebih mementingkan kehendak dirinya dalam pengambilan sebuah keputusan dan tindakan, maka perjalanan ummatnya akan mengalami kemunduran, dan bahkan mengalami kehancuran.

Pemimpin itu bagaikan perisai, yang dimana, rakyat akan berperang di belakang serta berlindung padanya. Hadis riwayat Abu Hurairah ra.: Dari Nabi saw. beliau bersabda: Sesungguhnya seorang pemimpin itu merupakan perisai, rakyat akan berperang…

Lihat pos aslinya 476 kata lagi

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s